بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ Selamat datang di Blog saya BERBAGISOIL.BLOGSPOT.COM ... Terus Kunjungi dan Nikmati

Sunday 23 June 2013

Waktu-waktu Sholat Fardlu

Assalamu'alaikum agan/sis..
Sebelum sholat kita harus tahu dulu waktu sholat sesuai tempatnya..
Jangan sampai Sholat maghrib di waktu Isya atau Sholat Dzuhur diwaktu Ashar...


Waktu shalat Subuh  : Waktunya diawali saat munculnya fajar shodiq sampai matahari terbit (syuruk) . Fajar Shadiq ialah terlihatnya cahaya putih yang melintang mengikut garis lintang ufuk di sebelah Timur akibat pantulan cahaya matahari oleh atmosfer

Waktu Sholat Zuhur Disebut juga waktu Istiwa (zawaal) terjadi ketika matahari berada di titik tertinggi. Istiwa juga dikenal dengan sebutan Tengah Hari (midday/noon). Pada saat Istiwa, mengerjakan ibadah shalat (baik wajib maupun sunnah) adalah haram. Waktu Zuhur tiba sesaat setelah Istiwa, yakni ketika matahari telah condong ke arah Barat atau Waktu Sholat luhur dimulai setelah tergelincirnya matahari dari atas kepala ke barat. Waktu matahari tepat di atas kepala adalah waktu yang haram untuk sholat dan setelah matahari yang semula diatas kepala bergerak kebarat saat itulah masuk waktu Dhuhur, sampai dengan saat panjang bayangan sama dengan panjang benda, dan setelah panjang bayangan lebih panjang dari panjang benda saat itu berakhirnya waktu Dhuhur.

Waktu Sholat Ashar Menurut Mazhab Syafi’i, Maliki, dan Hambali, waktu Ashar diawali jika panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri. Sementara Madzab Imam Hanafi mendefinisikan waktu Ashar jika panjang bayang-bayang benda dua kali melebihi panjang benda itu sendiri.

Waktu Sholat Maghrib : Waktu Sholat Magrib dimulai setelah terbenamnya matahari atau saat matahari terbenam sempurna di ufuk barat Sampai dengan Hilangnya warna kemerahan di langit sebelah barat.

Waktu Sholat Isya  : Waktu Sholat Isya dimulai saat hilangnya warna kemerahan di langit sebelah barat sampai dengan sepertiga malam yang terakhir/hingga terbitnya Fajar Shiddiq di Langit Timur. .

Sekian agan/sis semoga artikel in bisa membantu dan bermanfaat ..
Aamiin yaa robbalalaiin......

No comments: